- Nama : Ibnu Hary Wahyudi
- No.Reg : 5215134356
- Prodi : S1 - Pendidikan Teknik Elektronika (Reguler)
- Kode MK : 5206 (Hari Rabu, Jam ke-2)
- Judul Skripsi :
“KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR TEORI MESIN ARUS BOLAK-BALIK DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR”Nama Mahasiswa : Irma WidiyantiProgram Studi : Pendidikan Teknik ElektroNo. Registrasi : 5115083383Tahun Lulus : 2012Dosen : 1. Ketua Sidang Pengesahan : Drs. Wisnu Djatmiko,M.T.2. Sekertaris : Drs. Readysal Monantun,M.M.3. Penguji Ahli : Syufrijal,M.T.4. Dosen Pembimbing I : Dr. Suyitno,M.Pd.5. Dosen Pembimbing II : Dr. Sri Sujanti,M.Pd.
Daftar
Isi
Abstrak......................................................................................................................................
i
Lembar
Pengesahan..................................................................................................................iii
Lembar Pernyataan
Orisinilitas.................................................................................................iv
Kata
Pengantar...........................................................................................................................v
Daftar
Isi...................................................................................................................................vi
Daftar
Tabel..............................................................................................................................ix
Daftar
Gambar...........................................................................................................................x
Daftar
Lampiran........................................................................................................................xi
Bab
I Pendahuluan...................................................................................................................1
1.1 Latar
Belakang
Masalah.....................................................................................................1
1.2 Identifikasi
Masalah...........................................................................................................1
1.3 Pembatasan
Masalah..........................................................................................................4
1.4 Perumusan
Masalah............................................................................................................5
1.5 Tujuan
Penelitian................................................................................................................5
1.6 Kegunaan
Penelitian...........................................................................................................5
Bab
II Kajian Teoretis dan Hipotesis Penelitian...................................................................7
2.1 Kerangka
Teoretis..............................................................................................................7
2.1.1 Hasil Belajar Praktik Penggunaan dan
Pengaturan Motor..........................................7
2.1.1.1
Belajar....................................................................................................................7
2.1.1.2
Hasil Belajar Psikomotor.....................................................................................11
2.1.1.3
Praktik Penggunaan dan Pengaturan Motor........................................................18
2.1.1.3.1 Pengasutan Secara Langsung........................................................................19
2.1.1.3.2 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Manual.....................................20
2.1.1.3.3 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Otomatis...................................21
2.1.2
Hasil Belajar Teori Mesin Arus Bolak-Balik.............................................................23
2.1.2.1 Hasil Belajar
Kognitif.........................................................................................23
2.1.2.2 Teori Mesin Arus Bolak-Balik............................................................................27
2.1.2.2.1 Motor Satu
Fasa............................................................................................27
2.1.2.2.2 Motor Tiga
Fasa............................................................................................33
2.2 Kerangka
Berpikir............................................................................................................38
2.3
Hipotesis Penelitian..........................................................................................................39
Bab
III Metodologi Penelitian...............................................................................................40
3.1 Tempat
dan Waktu
Penelitian..........................................................................................40
3.2 Metode
Penelitian.............................................................................................................40
3.3
Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan
Sampel.......................................................40
3.4 Variabel
Penelitian...........................................................................................................41
3.5 Definisi
Operasional
Variabel..........................................................................................41
3.6
Instrumen Penelitian.........................................................................................................42
3.7 Teknik
Pengumpulan
Data...............................................................................................43
3.8
Hipotesis
Statistik.............................................................................................................44
3.9 Teknik
Analisis
Data........................................................................................................44
Bab
IV Hasil Penelitian..........................................................................................................49
4.1
Deskripsi
Data..................................................................................................................49
4.1.1
Hasil Belajar Praktik PPM..........................................................................................49
4.1.2
Hasil Belajar Teori MAC............................................................................................50
4.2 Uji
Data............................................................................................................................52
4.2.1 Uji
Normalitas............................................................................................................52
4.2.2 Uji
Linieritas Hubungan/Regresi...............................................................................53
4.2.3 Uji
Korelasi Product Moment
Pearson.......................................................................55
4.3 Pembahasan
Data.............................................................................................................57
4.4
Keterbatasan
Penelitian....................................................................................................59
Bab
V Kesimpulan, Implikasi dan Saran.............................................................................60
5.1
Kesimpulan.......................................................................................................................60
5.2
Implikasi...........................................................................................................................60
5.3
Saran.................................................................................................................................61
Daftar
Pustaka........................................................................................................................63
Lampiran.................................................................................................................................65
Daftar
Lampiran
Lampiran 1 Data
Hasil Belajar Teori MAC dan Praktik PPM................................................65
Lampiran 2 Perhitungan
Distribusi Frekuensi Variabel X......................................................66
Lampiran 3 Perhitungan
Distribusi Frekuensi Variabel Y......................................................68
Lampiran 4 Perhitungan
Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel X...............................70
Lampiran 5 Perhitungan
Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel Y...............................71
Lampiran 6 Pengujian
Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel X..................72
Lampiran 7 Pengujian
Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel Y..................75
Lampiran 8 Perhitungan
Ujian Linieritas Dengan Persamaan Regresi Linier Sederhana......78
Lampiran 9 Uji
Kelinieran dan Keberartian Regresi...............................................................81
Lampiran 10 Perhitungan Koefisien Korelasi Product
Moment Pearson................................88
Lampiran 11 Perhitungan Signifikansi Koefisiensi
Korelasi Product Moment Pearson.........90
Lampiran 12 Lembar Pengamatan Kemampuan Praktikum
Mata Kuliah PPM......................99
Daftar
Tabel
Tabel 3.1 Interpretasi nilai r (Koefisien Korelasi
Pearson)......................................................46
Tabel 3.2 Pengelompokan Data................................................................................................47
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Variabel Y...............................................................................49
Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Variabel X...............................................................................51
Tabel 4.3 Data Hasil Perhitungan Uji
Liliefors........................................................................53
Tabel 4.4 F (ANAVA) Regresi
Linier......................................................................................54
Tabel 4.5 Interpretasi Nilai r (Koefisien Korelasi
Product Moment Pearson).........................56
Daftar
Gambar
Gambar 2.1 Rangkaian Pengasutan Segitiga-Bintang..............................................................20
Gambar 2.2 Rangkaian Pengasutan Oto-Transformator..........................................................22
Gambar 2.3 Motor Induksi Satu Fasa.......................................................................................30
Gambar 2.4 Rangkaian Motor Kapasitor.................................................................................32
Gambar 2.5 Rangkaian Resistansi Eksternal............................................................................36
Gambar 4.1 Histogram Variabel Y...........................................................................................50
Gambar 4.2 Histogram Variabel X...........................................................................................52
Teori
Awal
- Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan atau kecakapan.
- Kognitif yaitu kemampuan yang berkenaan dengan kategori pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis (pengurangan), sintesis (memadukan) dan evaluasi (penilaian).
- Afektif yaitu kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi yang berbeda dengan penalaran yang terdiri dari kategori penerimaan, partisipasi, penilaian sikap, organisasi dan pembentukan pola hidup.
- Psikomotorik yaitu kemampuan mengutamakan keterampilan jasmani yang terdiri dari persepsi, kesiapan, gerak terbimbing, gerakan terbiasa,gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.
- Hasil Belajar adalah prestasi dari suatu kegiatan, dalam hal ini belajar, yang telah dikerjakan berupa peruahan perilaku yang relatif menetap secara terus menerus baik dalam kualitas kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Teori
Pembanding
1. Belajar
adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi
tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai
hasil yang optimal.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara
stimulus dan respon.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar
- Kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, menegtahui dan memecahkan masalah.
- Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.
- Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.
- Hasil Belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi.
0 komentar:
Posting Komentar