Sign Up Your Account!

Thanks For Atentions.

TUGAS 1 (Judul, Kerangka Skripsi dan 5 Teori Pembanding)

  • Nama              : Ibnu Hary Wahyudi
  • No.Reg            : 5215134356
  • Prodi               : S1 - Pendidikan Teknik Elektronika (Reguler)
  • Kode MK       : 5206 (Hari Rabu, Jam ke-2) 


  • Judul Skripsi :
    “KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR TEORI MESIN ARUS BOLAK-BALIK DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR”

    Nama Mahasiswa  : Irma Widiyanti
    Program Studi       : Pendidikan Teknik Elektro
    No. Registrasi       : 5115083383
    Tahun Lulus          : 2012

    Dosen                   :   1. Ketua Sidang Pengesahan    : Drs. Wisnu Djatmiko,M.T.
                                    2. Sekertaris                               : Drs. Readysal Monantun,M.M.
                                    3. Penguji Ahli                           : Syufrijal,M.T.
                                    4. Dosen Pembimbing I             : Dr. Suyitno,M.Pd.
                                    5. Dosen Pembimbing II            : Dr. Sri Sujanti,M.Pd. 


Daftar Isi
Abstrak...................................................................................................................................... i
Lembar Pengesahan..................................................................................................................iii
Lembar Pernyataan Orisinilitas.................................................................................................iv
Kata Pengantar...........................................................................................................................v
Daftar Isi...................................................................................................................................vi
Daftar Tabel..............................................................................................................................ix
Daftar Gambar...........................................................................................................................x
Daftar Lampiran........................................................................................................................xi
Bab I Pendahuluan...................................................................................................................1
  1.1 Latar Belakang Masalah.....................................................................................................1
  1.2 Identifikasi Masalah...........................................................................................................1
  1.3 Pembatasan Masalah..........................................................................................................4
  1.4 Perumusan Masalah............................................................................................................5
  1.5 Tujuan Penelitian................................................................................................................5
  1.6 Kegunaan Penelitian...........................................................................................................5
Bab II Kajian Teoretis dan Hipotesis Penelitian...................................................................7
  2.1 Kerangka Teoretis..............................................................................................................7
     2.1.1 Hasil Belajar Praktik Penggunaan dan Pengaturan Motor..........................................7
        2.1.1.1 Belajar....................................................................................................................7
        2.1.1.2 Hasil Belajar Psikomotor.....................................................................................11
        2.1.1.3 Praktik Penggunaan dan Pengaturan Motor........................................................18
           2.1.1.3.1 Pengasutan Secara Langsung........................................................................19
           2.1.1.3.2 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Manual.....................................20
           2.1.1.3.3 Pengasutan Saklar Segitiga Bintang Secara Otomatis...................................21
     2.1.2 Hasil Belajar Teori Mesin Arus Bolak-Balik.............................................................23
         2.1.2.1 Hasil Belajar Kognitif.........................................................................................23
         2.1.2.2 Teori Mesin Arus Bolak-Balik............................................................................27
            2.1.2.2.1 Motor Satu Fasa............................................................................................27
            2.1.2.2.2 Motor Tiga Fasa............................................................................................33
  2.2 Kerangka Berpikir............................................................................................................38
  2.3 Hipotesis Penelitian..........................................................................................................39
Bab III Metodologi Penelitian...............................................................................................40
  3.1 Tempat dan Waktu Penelitian..........................................................................................40
  3.2 Metode Penelitian.............................................................................................................40
  3.3 Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan Sampel.......................................................40
  3.4 Variabel Penelitian...........................................................................................................41
  3.5 Definisi Operasional Variabel..........................................................................................41
  3.6 Instrumen Penelitian.........................................................................................................42
  3.7 Teknik Pengumpulan Data...............................................................................................43
  3.8 Hipotesis Statistik.............................................................................................................44
  3.9 Teknik Analisis Data........................................................................................................44
Bab IV Hasil Penelitian..........................................................................................................49
  4.1 Deskripsi Data..................................................................................................................49
    4.1.1 Hasil Belajar Praktik PPM..........................................................................................49
    4.1.2 Hasil Belajar Teori MAC............................................................................................50
  4.2 Uji Data............................................................................................................................52
     4.2.1 Uji Normalitas............................................................................................................52
     4.2.2 Uji Linieritas Hubungan/Regresi...............................................................................53
     4.2.3 Uji Korelasi Product Moment Pearson.......................................................................55
  4.3 Pembahasan Data.............................................................................................................57
  4.4 Keterbatasan Penelitian....................................................................................................59
Bab V Kesimpulan, Implikasi dan Saran.............................................................................60
  5.1 Kesimpulan.......................................................................................................................60
  5.2 Implikasi...........................................................................................................................60
  5.3 Saran.................................................................................................................................61
Daftar Pustaka........................................................................................................................63
Lampiran.................................................................................................................................65
Daftar Lampiran
Lampiran 1  Data Hasil Belajar Teori MAC dan Praktik PPM................................................65
Lampiran 2  Perhitungan Distribusi Frekuensi Variabel X......................................................66
Lampiran 3  Perhitungan Distribusi Frekuensi Variabel Y......................................................68
Lampiran 4  Perhitungan Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel X...............................70
Lampiran 5  Perhitungan Mean, Varians dan Simpang Baku Variabel Y...............................71
Lampiran 6  Pengujian Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel X..................72
Lampiran 7  Pengujian Normalitas Data Menggunakan Uji Liliefors Variabel Y..................75
Lampiran 8  Perhitungan Ujian Linieritas Dengan Persamaan Regresi Linier Sederhana......78
Lampiran 9  Uji Kelinieran dan Keberartian Regresi...............................................................81
Lampiran 10 Perhitungan Koefisien Korelasi Product Moment Pearson................................88
Lampiran 11 Perhitungan Signifikansi Koefisiensi Korelasi Product Moment Pearson.........90
Lampiran 12 Lembar Pengamatan Kemampuan Praktikum Mata Kuliah PPM......................99
Daftar Tabel
Tabel 3.1 Interpretasi nilai r (Koefisien Korelasi Pearson)......................................................46
Tabel 3.2 Pengelompokan Data................................................................................................47
Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Variabel Y...............................................................................49
Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Variabel X...............................................................................51
Tabel 4.3 Data Hasil Perhitungan Uji Liliefors........................................................................53
Tabel 4.4 F (ANAVA) Regresi Linier......................................................................................54
Tabel 4.5 Interpretasi Nilai r (Koefisien Korelasi Product Moment Pearson).........................56
Daftar Gambar
Gambar 2.1 Rangkaian Pengasutan Segitiga-Bintang..............................................................20
Gambar 2.2 Rangkaian Pengasutan Oto-Transformator..........................................................22
Gambar 2.3 Motor Induksi Satu Fasa.......................................................................................30
Gambar 2.4 Rangkaian Motor Kapasitor.................................................................................32
Gambar 2.5 Rangkaian Resistansi Eksternal............................................................................36
Gambar 4.1 Histogram Variabel Y...........................................................................................50
Gambar 4.2 Histogram Variabel X...........................................................................................52


Teori Awal
  1. Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan atau kecakapan.
  2. Kognitif yaitu kemampuan yang berkenaan dengan kategori pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis (pengurangan), sintesis (memadukan) dan evaluasi (penilaian).
  3. Afektif yaitu kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi yang berbeda dengan penalaran yang terdiri dari kategori penerimaan, partisipasi, penilaian sikap, organisasi dan pembentukan pola hidup.
  4. Psikomotorik yaitu kemampuan mengutamakan keterampilan jasmani yang terdiri dari persepsi, kesiapan, gerak terbimbing, gerakan terbiasa,gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.
  5. Hasil Belajar adalah prestasi dari suatu kegiatan, dalam hal ini belajar, yang telah dikerjakan berupa peruahan perilaku yang relatif menetap secara terus menerus baik dalam kualitas kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Teori Pembanding
1.  Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.

  1. Kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, menegtahui dan memecahkan masalah.

  1. Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.

  1. Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah psikomotor adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.

  1. Hasil Belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi.


0 komentar:

Posting Komentar